Anggur dan Kesehatan: Perspektif Bio-Psiko-Sosial

Ada harapan dan sensasi dalam anggapan bahwa anggur baik untuk kesehatan Anda. Dari Paradox Prancis hingga Diet Mediterania dan ilmu penuaan terbaru, mari kita mulai dengan perdebatan tentang anggur dan kesehatan.

Jika kesejahteraan adalah jumlah dari bagian-bagiannya, memahami manfaat kesehatan dari anggur membutuhkan perspektif holistik.

Setelah ulasan singkat tentang sejarah medis panjang anggur dan tren ilmiah yang lebih baru, mari kita jelajahi manfaat biologis dan psikososial anggur.

Sejarah Singkat “Enoterapi”

Hubungan antara anggur dan kesehatan berjalan jauh ke belakang. Hieroglif Mesir kuno dan tablet Sumeria dari 2.200 SM mendokumentasikan anggur sebagai obat buatan manusia tertua di dunia.

Dari Yunani kuno dan Roma hingga Abad Pertengahan, orang menggunakan anggur untuk segalanya. Ini membunuh bakteri dalam air minum, bertindak sebagai bantuan pencernaan, membersihkan luka, menghilangkan rasa sakit, dan menyembuhkan kelesuan.

Hippocrates, ”bapak kedokteran klinis dan molekuler,” memperjuangkan manfaat kesehatan dari anggur, seperti raja-raja Babilonia, dokter Persia, dan biarawan Katolik. Talmud Yahudi dengan jelas menyatakan:

“Anggur adalah yang terpenting dari semua obat: di mana anggur kurang, obat-obatan menjadi perlu.” – Talmud Yahudi

Namun, pada abad ke-19 dan ke-20, penelitian medis dan mengubah sikap terhadap alkohol membuat status ini dipertanyakan.

Namun sejak awal 1990-an, penelitian ilmiah tentang manfaat kesehatan anggur telah berkembang biak. Banyak dari ini mengilhami Mediterranea yang minum anggur yang sehat dan paradoks.

Pelajaran Mediterania tentang Anggur dan Kesehatan

Makanan dan gaya hidup Mediterania telah lama dikenal sebagai mercusuar kesehatan. Berdasarkan penelitian oleh ilmuwan Serge Renaud, sebuah episode 60 Minutes tahun 1991 menempatkan Paradox Prancis di peta.

  • Anggur dalam Diet Paradox Prancis

Renaud mengamati hubungan paradoks antara pola makan bangsanya yang tampaknya tidak terlalu sehat. Tinggi lemak, susu tinggi, dan anggur setiap hari, meskipun tingkat penyakit jantung koroner rendah. C’est la vie!

Prancis: bahwa anggur-mencintai, baguette dan fromage -Makan bangsa melampaui banyak negara di harapan hidup rata-rata. Bukan tanpa kontroversi, vitalitas Prancis telah dikaitkan dengan nilai budaya minum 2-3 gelas anggur sehari.

Orang-orang yang hidup terpanjang di Prancis tinggal di wilayah Gers di barat daya. Di sini, makanan jenuh tinggi seperti foie gras, sosis, lemak bebek untuk memasak, cassoulet, dan keju adalah makanan standar.

Merah lokal, kecupan matahari seperti Madiran, Cahors, dan Bergerac membasuh semua lemak yang mulia ini.

Tanin anggur ini tidak hanya mengikis lemak dari langit-langit dan saluran pencernaan tetapi juga kaya dengan procyanidin yang menyehatkan jantung.

  • Anggur dalam Diet Mediterania

Hal terbesar berikutnya sejak Paradox Prancis adalah diet Mediterania.

Diakui karena efeknya yang meningkatkan kesehatan, diet Mediterania memadukan konsumsi alkohol moderat (kebanyakan anggur merah) dengan lebih sedikit daging dan konsumsi tinggi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.

Bukti konsep adalah beberapa orang yang paling lama hidup di bumi.

Namun, diet dalam arti biologis yang ketat, hanyalah bagian dari cerita. Bersamaan dengan masakannya, anggur adalah aspek intrinsik dari budaya, sejarah, dan gaya hidup Mediterania.

Sebelum mengeksplorasi manfaat psikososial dari anggur lebih lanjut, mari kita lihat sifat-sifat kesehatan biologisnya.

Manfaat Anggur bagi Kesehatan Biologis

Senyawa kimia yang disebut polifenol adalah kunci manfaat kesehatan anggur. Sebagai tanin dan flavonoid, polifenol juga menyediakan struktur, tekstur, dan rasa untuk anggur.

POLIFENOL – FAKTA KUNCI

  1. Polifenol berada di kulit dan biji anggur.
  2. Sebagai antioksidan, mereka mengumpulkan radikal bebas dari sel-sel tubuh, mencegah atau mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi.
  3. Komposisi dan konsentrasi polifenol dalam anggur bervariasi berdasarkan varietas anggur, vintage, geografi, iklim, dan vinifikasi.
  4. Ketersediaan hayati polifenol sangat bervariasi di antara anggur dan individu: semua kebaikan tidak terserap secara merata.
  5. Anggur merah memiliki polifenol sekitar 10 kali lebih banyak daripada putih (kebanyakan karena maserasi merah pada kulit.)

Resveratrol: Raja Polifenol

Resveratrol (rez-ver-a-trol) telah muncul sebagai satu-satunya polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan. Kabar baiknya bagi kita adalah bahwa anggur merah memiliki beberapa konsentrasi tertinggi di alam, bersama dengan minyak zaitun.

Dalam buku perubahan paradigma, Lifespan (2019), ahli genetika Harvard David A. Sinclair tidak bisa menyanyikan pujian yang lebih tinggi untuk efek memperpanjang hidup resveratrol. Dibumbui seluruhnya adalah referensi untuk manfaat kesehatan anggur.

“Anggur terbaik di dunia diproduksi di tanah kering yang terpapar sinar matahari atau dari varian yang sensitif terhadap stres seperti Pinot Noir; seperti yang Anda duga, mereka juga mengandung resveratrol paling banyak. ” – David A. Sinclair, Umur

Apakah Kesehatan yang Baik Perjuangan?

Produksi resveratrol pada tanaman merupakan respons terhadap stres, sehingga melayani fungsi bertahan hidup. Ini menjelaskan mengapa anggur, terutama dari tanaman merambat yang berjuang untuk mendapatkan air dan nutrisi, memiliki tingkat tertinggi.

Sama seperti tanaman merambat yang berjuang menghasilkan anggur terbaik, manusia juga bisa memiliki cara yang sama. Sinclair menunjukkan bahwa manusia paling vital di bawah jumlah stres yang tepat.

Namun, dia tidak berbicara tentang stres yang Anda dapatkan dari sehari di kantor. Alih-alih, itu adalah stres dari olahraga, puasa intermiten, dan terapi panas / dingin, dikombinasikan dengan diet tinggi resveratrol.

Tubuhmu adalah kebun anggur! Cenderung dengan hati-hati, tetapi juga membiarkannya berjuang.

Kondisi Anggur dan Jantung

Sejak Renaud bekerja pada Paradox Prancis, semakin banyak penelitian yang mengkonfirmasi bahwa polifenol dalam anggur, terutama resveratrol, memberikan efek kardioprotektif.

Minum anggur moderat secara teratur dapat melindungi dan mengurangi penyakit jantung seperti hipertensi, penyakit arteri koroner dan diabetes.

Bagaimana? Resveratrol membantu memecah kolesterol dan plak tubuh lainnya, meningkatkan pemanfaatan glukosa, dan mengontrol tingkat stres oksidatif. Ini semua mengurangi tekanan pada jantung dan membuat darah mengalir.

Polifenol lain yang melindungi jantung dan meningkatkan umur panjang adalah procyanidin, yang ditemukan dalam tanin anggur merah.

Jadi mengapa tidak mencari Tannat dari Gers atau Uruguay, Sagrantino dari Umbria, atau Cannonau dari distrik Nuoro di Sardinia?

Lihatlah penyelaman kami yang dalam pada tanin dan daftar anggur tannic terbaik di sini.

Anggur dan Kanker

Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi anggur moderat, seperti dalam diet gaya Mediterania, dapat melindungi terhadap kanker tertentu, termasuk pankreas, payudara, ovarium, kulit, esofagus, lambung, usus besar dan prostat.

Polifenol hadir dalam anggur merah, terutama resveratrol dan procyanidin, memberikan efek antioksidan yang membunuh radikal bebas dan menggagalkan pertumbuhan tumor.

Manfaat Kesehatan Lain dari Anggur (Terutama Resveratrol)

  • Melindungi dari keropos tulang terkait usia (homeostasis)
  • Meningkatkan fungsi ginjal, fibrosis dan toksisitas obat yang tidak diinginkan
  • Melindungi dari penyakit mata degeneratif
  • Menurunkan kadar glukosa, yang membantu mengobati atau mencegah diabetes
  • Meningkatkan kesehatan usus dengan menghilangkan bakteri jahat dan memetabolisme polifenol yang sehat
  • Memperpanjang kesuburan wanita dan pria dengan meningkatkan masa hidup ovarium dan spermatogenesis
  • Efek antiinflamasi dan antioksidan membantu berfungsinya sistem darah
  • Perlindungan kulit dari radiasi UV dan melanoma
  • Meningkatkan kesehatan paru-paru dengan mencegah fibrogenesis, disfungsi, efek asma

Sebesar kedengarannya, ilmu dicampur pada bioavailabilitas polifenol dalam anggur (yaitu kemampuan tubuh kita untuk menyerapnya).

Beberapa penelitian mengklaim manfaat kesehatan dari satu atau dua gelas merah sehari. Tetapi yang lain mengatakan kita perlu minum antara 100 dan 1000 botol sehari untuk melihat manfaat nyata (tidak disarankan).

Buktinya mungkin dalam harapan hidup yang panjang dan tingkat penyakit jantung yang rendah di Mediterania, di mana manfaat psikososial dari anggur melengkapi aspek biologisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *